Senin, 07 April 2014

Makalah Gangguan akibat kekurangan Yodium (GAKY)

Bab I
Pendahuluan

A.      Latar Belakang
Kekurangan yodium sesungguhnya telah mendunia dan bukan hanya masalah gangguan gizi di Indonesia. Berdasarkan tafsiran WHO dan UNICEF, sekitar 1 juta penduduk di negara yang berkembang beresiko mengalami kekurangan yodium. Defisiensi yodium di suatu wilayah mempengaruhi baik manusia maupun cadangan bahan pangan. Sama seperti manusia, semua jenis tanaman yang tumbuh di daerah yang tidak atau hanya sedikit mengandung yodium juga mengalami kekurangan.
 Kekurangan yodium ditandai dengan terjadinya pembesaran kelenjar tiroid di leher. Defisiensi yodium dapat menyebabkan kretin neurologic atau pertumbuhan cebol yang disertai keterlambatan perkembangan jiwa serta menurunnya kecerdasan anak. GAKY dapat terjadi pada anak-anak, remaja, dan dewasa. Pada ibu hamil yang menderita GAKY akan megakibatkan kondisi bayi mati ataupun cacat.
GAKY sesungguhnya bukan penyakit yang tidak dapat dicegah. Sejak tahun 1986, Lembaga Swadaya Masyarakat Internasional (International Council for Control of Iodine Deficiency Disorders) bekerja sama dengan WHO dan UNICEF telah merancang program umum dalam rangka melenyapkan GAKY pada tahun 2000. Tujuan rencana ini ialah merancang program pengawasan GAKY secara efektif. Kegiatannya mencakup kegiatan pada tingkat nasional, regional, dan global.
 Keberhasilan pengawasan defisiensi terhadap cadangan bahan pangan terlihat dari penigkatan angka lahir hidup dan berat badan, serta penyusutan deformitas. Selanjutnya, hasil daging dan produk hewan lain bertambah, di samping ketahanan kerja  hewan pun ikut meningkat.


B.      Rumusan Masalah
A.      Pengertian Gangguan Akibat Kekurangan Yodium  (GAKY)
B.      Penyebab Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
C.      Epidemiologi Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
D.     Perjalanan Penyakit
E.      Klasifikasi Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
F.       Daerah Endemik Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
G.     Gejala Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
H.     Dampak yang ditimbulkan Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
I.        Program Penanggulangan Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
J.        Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) dan Indonesia



Bab II
Pembahasan
 A.      Pengertian Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) merupakan defisiensi yodium yang berlangsung  lama akibat dari pola konsumsi pangan yang kurang mengkonsumsi yodium sehingga akan mengganggu fungsi kelenjar tiroid, yang secara perlahan menyebabkan kelenjar membesar sehingga menyebabkan gondok.
Yodium sendiri adalah adalah sejenis mineral yang terdapat di alam, baik di tanah maupun di air, merupakan zat gizi mikro yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Dalam tubuh manusia Yodium diperlukan untuk membentuk Hormon Tiroksin yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan termasuk kecerdasan mulai dari janin sampai dewasa.
Defisiensi yodium akan menguras cadangan yodium serta mengurangi produksi tetraiodotironin/T4. Penurunan kadar T4 dalam darah memicu sekresi Thyroid Stimulating Horrmon (TSH) yang selanjutnya menyebabkan kelenjar tiroid bekerja lebih giat sehingga fisiknya kemudian membesar (hiperplasi). Pada saat ini efisiensi pemompaan yodium bertambah yang dibarengi dengan percepatan pemecahan yodium dalam kelenjar.
Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) merupakan suatu gangguan yang mempunyai pengertian yang lebih luas, karena memnerikan gambaran klinik yang lebih luas, sehingga gangguan tersebut lebih sesuai bila disebut sebagai Iodine Deficiency Disorders.
Gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY) adalah rangkaian efek kekurangan yodium pada tumbuh kembang manusia. Spektrum seluruhnya terdiri dari gondok dalam berbagai stadium, kretin endemik yang ditandai terutama oleh gangguan mental, gangguan pendengaran, gangguan pertumbuhan pada anak dan orang dewasa. (Supariasa, 2002).
Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) adalah suatu penyakit yang ditandai dengan terjadinya pembesaran kelenjar gondok (kelenjar tiroid) dan diderita oleh sejumlah besar penduduk yang tinggal di suatu daerah tertentu.
Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) adalah sekumpulan gejala yang dapat ditimbulkan karena tubuh kekurangan yodium secara terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.
Kekurangan yodium pada masa kehamilan dan awal kehidupan menyebabkan perkembangan otak terhambatTitik paling kritis GAKY adalah trimester ke-2 kehamilan sampai dengan 3 tahun setelah lahirGAKY merupakan salah satu penyebab kerusakan otak yang dapat dicegah.
 B.      Penyebab Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
GAKY dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
1.       Defisiensi Iodium dan  Iodium Excess
Defisiensi iodium merupakan sebab pokok terjadinya masalah GAKI.  Hal ini disebabkan karena kelenjar tiroid melakukan proses adaptasi fisiologis terhadap kekurangan unsur iodium dalam makanan dan minuman yang dikonsumsinya
Iodium Excess terjadi apabila iodium yang dikonsumsi cukup besar secara terus menerus, seperti yang dialami oleh masyarakat di Hokaido (Jepang) yang mengkonsumsi ganggang laut dalam jumlah yang besar.  Bila iodium dikonsumsi dalam dosis tinggi akan terjadi hambatan hormogenesis, khususnya iodinisasi tirosin dan proses coupling.
2.     Lokasi (Geografis dan non geografis)
Faktor lokasi dapat berpengaruh terhadap kejadian GAKY, hal ini disebabkan kandungan yodium yang berbeda di setiap daerah. Penderita GAKY secara umum banyak ditemukan di daerah perbukitan atau dataran tinggi, karena yodium yang berada dilapisan tanah paling atas terkikis oleh banjir atau hujan dan berakibat tumbuh-tumbuhan, hewan dan air di wilayah ini mengandung yodium rendah bahkan tidak ada.
3.     Asupan Energi dan Protein
Gangguan akibat kekurangan yodium secara tidak langsung dapat disebabkan oleh asupan energi yang rendah, karena kebutuhan energi akan diambil dari asupan protein. Protein (albumin, globulin, prealbumin) merupakan alat transport hormon tiroid. Protein transport berfungsi mencegah hormon tiroid keluar dari sirkulasi dan sebagai cadangan hormon.
Dengan adanya defisiensi protein dapat berpengaruh terhadap berbagai tahap dalam sintesis hormon tiroid terutama tahap transportasi hormone (Djokomoelyanto, 1994).
4.     Pangan Goitrogenik
Zat goitrogenik adalah senyawa yang dapat mengganggu struktur dan fungsi hormon tiroid secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung zat goitrogenik menghambat uptake yodida anorganik oleh kelenjar tiroid. Seperti tiosianat dan isotiosianat menghambat proses tersebut karena berkompetisi dengan yodium.
Ada dua jenis zat goitrogenik yang berasal dari bahan pangan yaitu:
a.       Tiosianat terdapat dalam sayuran kobis, kembang kol, sawi, rebung, ketela rambat dan jewawut, singkong
b.       Isotiosianat terdapat pada kobis.
Berdasarkan mekanis kerjanya, zat goitrogenik dipengaruhi oleh proses sintesis hormon dan kelenjar tiroid trhadap bahan – bahan goitrogenik. Bahan tersebut adalah:
a.       Kelompok tiosianat, dimana mekanisme kerjanya memperngaruhi transportasi yodium.
Misalnya : rebung, ubi jalar.
b.       Kelompok tiroglikosid, dimana mekanisme kerjanya mempengaruhi oksidasi, organofikasi, dan coupling.
Misal: bawang merah, bawang putih, bassica dan yellow turnips.
c.        Kelompok akses iodida, dimana mekanisme kerjanya mempengaruhi protealisis, pelepasan, dan halogenasi misalnya gangguan asupan yodium lebih dari 2 gram sehari, akan menghambat sintesis dan pelepasan hormon (Djokomoelyanto, 1994).
5.       Genetik
Faktor genetik dalam hal ini merupakan variasi individual terhadap kejadian GAKY dan mempunyai kecenderungan untuk mengalami gangguan kelenjar tiroid. Faktor genetic banyak disebabkan karena keabnormalan fungsi faal kelenjar tiroid.
Penyebab genetic lain adalah sejumlah cact metabolic yang diturunkan, yang melukiskan kepentingan berbagai tahapan dalam biosintesis hormon tiroid. Cacat ini adalah cacat pada pengangkutan yodium, cacat pada iodinasi, cacat perangkaian, defisiensi deiodinasi, dan produksi protein teriodinasi yang abnormal.

C.      Epidemiologo GAKY
Garam beryodium adalah garam yang telah diIodisasi sesuai dengan SNI dan mengandung yodium sebanyak 30ppm untuk konsumsi manusia atau ternak dan industri pangan. Di Indonesia, upaya penanggulangan GAKY difokuskan pada peningkatan konsumsi garam beryodium. Target yang harus dicapai dalam program penanggulangan GAKY ini yaitu:
1.    90% rumah tangga yang mengkonsumsi garam beryodium cukup (>30 ppm) secara nasional, propinsi dan kabupaten/kota.
2.    Median EYU secara rata-rata nasional propinsi dan kabupaten/kota adalah 100-299 µg/L.
Berdasarkan hasil Riskesdas 2007, menunjukkan bahwa cakupan konsumsi garam mengandung yodium cukup (30ppm) masih jauh dari target USI (Universal salt Iodization) 90%. Yaitu baru tercapai 62,3% rumah tangga di Indonesia yang mengonsumsi garam beriodium. Bahkan, dari sampel di 30 Kabupaten/Kota, hanya 24,5% rumah tangga yang menggunakan garam beriodium sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), yakni 30-80 ppm KIO3. Demikian pernyataan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, Dr. dr. Trihono, MSc, pada pembukaan Seminar Nasional Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) di Yogyakarta, Kamis pagi (29/11). Kabalitbangkes menyebutkan, terdapat enam provinsi yang sudah mencapai target konsumsi garam beryodium, diantaranya Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Gorontalo, dan Papua Barat.
Angka kejadian GAKY lebih sering ditemukan di daerah pegunungan, hal ini dikarenakan komponen tanahnya yang sedikit mengandung yodium. Kandungan yodium yang rendah di pegunungan disebabkan terjadinya pengikisan yodium oleh salju atau air hujan, sehingga hal tersebut menyebabkan pula kandungan yodium dalam makanan juga sangat rendah. Air tanah, air dari sumber mata air, atau air dari sungai di daerah pegunungan tidak mengandung yodium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia, demikian pula halnya dengan ternak serta tanaman yang tumbuh di pegunungan hampir tidak mengandung yodium sama sekali. Karena sebab itulah, maka angka kejadian GAKY lebih sering ditemukan di daerah pegunungan dibandingkan dengan daerah pantai.
Namun saat ini, terjadi perubahan pola daerah endemik GAKY. Berdasarkan hasil studi epidemiologi GAKY menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran/pola daerah endemik yang mulai terlihat di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:
1.    Gaky Di Daerah Pesisir Pantai
Penelitian dengan mengambil latar belakang prevalensi gondok yang tinggi dipesisir Kab. Halmahera. Berdasarkan hasil Survei Nasional Gondiok tahun 1980/1982 dan hasil survei tahun 1995/1996, gugus pulau Halmahera Utara-Barat telah memiliki GTR (Total Goiter Rate) 54,7%. TGR didapat melalui pemeriksaan pe rabaan pada kelenjar tiroid di daerah leher dan ditemukan adanya pembesaran. Dari Gambaran TGR >30 % berarti termasuk wilayah endemik berat. Tahun 2002/2003 dilakukan survei pada Kecamatan Tobelo (Desa Pitu) dan Kecamatan Tobelo Selatan (Desa Kupa-kupa dan Tomahalu) dengan hasil TGR masih >30% atau masih masuk dalam kategori endemik berat (Dachlan dan Thaha 2001). Besarnya nilai TGR atau tingkat endemisistas GAKI di kawasan pesisir Kabupaten Halmahera Utara merupakan sesuatu yang sangat ironis jika dilihat dari potensi sumberdaya alamnya. Sumberdaya pesisir merupakan sumberdaya yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi terutama kandungan iodin, misalnya ikan dan rumput laut. Konsumsi harian sebagian besar masyarakat juga tidak terlepas dari produk perikanan baik produk segar maupun olahan. Berdasarkan kondisi tersebut, tingginya nilai TGR atau endemisitas GAKI yang terjadi dimungkinkan karena faktor lain, misalnya rendahnya kadar iodium pada air minum, konsumsi umbi-umbian yang mengandung goitrogenik, serta penggunaan garam yang tidak memenuhi standar kandungan iodiumnya.
2.    GAKY Di Daerah Dataran Rendah
Beberapa penelitian telah menemukan kejadian gondok di daerah dataran rendah yang cukup yodium, di mana kandungan yodium dari air, tanah dan produk-produk pertanian di daerah tersebut mestinya cukup memadai, Berkaitan dengan hal tersebut, muncul beberapa teori ; antara lain kemungkinan adanya paparan oleh kontaminan di lingkungan yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan fungsi tiroid, seperti logam berat (Plumbum=Pb, Hydrargyrum=Hg dan Cadmium=Cd), polychlorinated biphenyl (PCB), dan pestisida. Hasil penelitian Samsudin (2007), mengenai risiko pajanan Pb di Yogyakarta, diketahui proporsi Wanita Usia Subur(WUS) menderita hipotiroid sebesar 19,2%. Proporsi WUS dengan kadar Pb tinggi (PbB = 50 μgr/L) adalah 49,5%. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kadar Pb dalam darah dengan fungsi tiroid. Kadar Pb tinggi dalam darah merupakan faktor risiko terjadinya hipotiroid pada WUS risiko terpajan Pb di perkotaan. Tingginya kadar Pb dalam darah ini mengakibatkan terbentuknya ikatan dengan unsur yodium di dalam tubuh yang akibatnya akan menyebabkan timbulnya gondok.
3.    GAKY Di Daerah Dengan Pola Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Zat Goitrogenik
Goitrogenik adalah zat yang dapat  menghambat pengambilan zat iodium oleh kelenjar gondok, sehingga konsentrasi iodium dalam kelenjar menjadi rendah. Selain itu, zat goitrogenik dapat menghambat perubahan iodium  dari bentuk anorganik ke bentuk organik sehingga pembentukan hormone tiroksin terhambat (Linder, 1992). Laporan penelitian BP2GAKI (2012), dalam penelitiannya tentang pola makan pada anak penderita gangguan akibat kekurangan yodium (gaky) di kabupaten Wonosobo menunjukkan hasil bahwa pola makan anak penderita GAKY masih banyak mengandung zat-zat goitrogenik.
4.    Peran Selenium Terhadap Penyerapan Iodium
Selenium merupakan senyawa penting pada metabolismeiodin. Penemuan fungsi selenium dalam metabolisme hormon tiroid memiliki implikasi penting bagi penafsiran efek defesiensi selenium pada gondok. Suatu kejadian/musibah air bandang yang menimpa, menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan mikromineral dalam tanah, salah satunya adalah selenium. Hal ini terjadi pada daerah pada bagian timur gunung Muria untuk 10 tahun terakhir(Sulchan, 2007).
D.     Perjalanan Penyakit
Gangguan karena kekurangan iodium tidak bergantung usia, seluruh usia dapat mengalami penyakit ini, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Perjalanan penyakit ini termasuk lambat, karena dalam tubuh terdapat suatu sistem cadangan iodium yang dapat digunakan selama 2-3 bulan baru iodium itu akan habis (Guyton, 2008). Setelah cadangan iodium itu habis, barulah timbul manifestasi gangguan akibat kekurangan iodium misalnya pembesaran kelenjar tiroid. Awalnya kelenjar tiroid tidak besar dan tidak terlihat tetapi lama kelamaan perbesaran kelenjar tiroid semakin tampak. Pada tingkat ringan atau sedang, penyakit ini dapat diatasi dengan pemberian iodium. Apabila sudah parah dan dengan pemberian iodium tidak menunjukan perbaikan, maka perlu dilakukan tindak pembedahan(Guyton, 2008). Penyakit ini sangat kecil kemungkinan menyebabkan kematian, dampak yang paling mengganggu dari penyakit ini adalah bahwa penyakit ini dapat menurunkan tingkat kecerdasan dan produktivitas kerja seseorang yang berdampak pada sosial ekonomi seseorang yaitu meningkatnya kebodohan dan kemiskinan dalam masyarakat (Wiwanitkit, 2007).
Patogenesis
Tubuh kita memiliki sistem keseimbangan iodida. Iodida masuk kedalam lambung dalam bentuk ion iodida, kemudian ia akan diproses menjadi iodida kemudian diserap di usus halus. Jumlah iodida yang dibuang sama dengan jumlah iodida yang diserap setiap harinya, jika yang diserap lewat usus adalah 500 mikrogram maka yang dibuang juga sejumlah 500 mikrogram, sejumlah besar 485 mikrogram akan dibuang melalui urin dan sisanya 15 mikrogram akan dibuang melalui garam empedu. Cadangan iodida di cairan ekstrasel adalah sebesar 150 mikrogram, sedangkan cadangan iodida terbanyak ada di kelenjar tiroid itu sendiri yaitu sebesar 8000 mikrogram, sisanya yaitu sebesar 600 mikrogram disimpan di hormon tiroksin atau triiodotironin yang beredar dalam darah.
Pemasukan iodida kedalam kelenjar tiroid adalah dengan cara transpor aktif menggunakan kanal ion Na-K-ATPase. Iodida akan terikat pada ion natrium dan ikut masuk kedalam kelenjar tiroid dengan perantara ion natrim tersebut, proses ini dinamakan trapping iodida. Setelah berada didalam sel tiroid, iodida akan menjalankan fungsinya, yaitu iodida yang telah terlebih dahulu dioksidasi oleh peroksidase menggunakan H2O2 akan digabung dengan residu tirosil sehingga menghasilkan iodotirosin yang akan bergabung dengan iodotirosin lainnya membentuk triiodotironin atau tiroksin di dalam protein pengikat tiroglobulin (Robbert K. Murray et al, 2009).
Pada kondisi kekurangan iodium atau iodida, cadangan iodida tubuh akan digunakan sehingga kondisi kekurangan itu tidak akan berdampak apapun pada tubuh. Yang menjadi masalah adalah apabila kondisi kekurangan iodida tersebut terjadi selama kurun waktu yang cukup lama, lebih dari 2 bulan misalnya, sehingga menyebabkan tubuh kehabisan cadangan iodida (Guyton, 2008). Ketika tubuh kehabisan cadangan iodida, maka hormon tiroksin atau triiodotironin yang dihasilkan akan berkurang, hal ini akan menimbulkan manifestasi kekurangan hormon tiroid dalam tubuh. Kekurangan iodida mencegah produksi hormon tiroksin dan triiodotironin. Akibatnya tidak tersedia hormon yang dapat dipakai untuk menghambat produksi TSH oleh hipofisis anterior, hal ini menyebabkan kelenjar hipofisis menyekresi banyak sekali TSH (Guyton, 2008). Selanjutnya TSH merangsang sel-sel tiroid menyekresi koloid tiroglobulin kedalam folikel, dan kelenjarnya tumbuh semakin besar. Tetapi oleh karena iodida yang kurang, produksi tiroksin dan triiodotironin tidak meningkat dalam molekul tiroglobulin dan oleh karena itu tidak ada penekanan secara normal pada produksi TSH oleh kelenjar hipofisis. Ukuran folikelnya menjadi sangat besar dan kelenjar tiroidnya dapat membesar 10 sampai 20 kali ukuran normal (Guyton, 2008).
 E.      Klasifikasi Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
1.         Grade 0 : Normal
Dengan inspeksi tidak terlihat, baik datar maupun tengadah maksimal, dan dengan palpasi tidak teraba.
2.         Grade IA
Kelenjar Gondok tidak terlihat, baik datar maupun penderita tengadah maksimal, dan palpasi teraba lebih besar dari ruas terakhir ibu jari penderita.
3.         Grade IB
Kelenjar Gondok dengan inspeksi datar tidak terlihat, tetapi terlihat dengan tengadah maksimal dan dengan palpasi teraba lebih besar dari Grade IA.
4.          Grade II
Kelenjar Gondok dengan inspeksi terlihat dalam posisi datar dan dengan palpasi teraba lebih besar dari Grade IB.
5.         Grade III
Kelenjar Gondok cukup besar, dapat terlihat pada jarak 6 meter atau lebih. 
Urutan pemeriksaan kelenjar gondok adalah sebagai berikut :
a.     Orang (sampel) yang diperiksa berdiri tegak atau duduk menghadap pemeriksa
b.     Pemeriksa melakukan pengamtan di daerah leher depan bagian bawah terutama pada lokasi kelenjar gondoknya
c.     Amatilah apakah ada pembesaran kelenjar gondok (termasuk tingkat II atau III)
d.     Kalau bukan, sampel disuruh menengadah dan menelan ludah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah yang ditemukan adalah kelenjar gondok atau bukan. Pada gerakan menelan, kelenjar gondok akan ikut terangkat keatas.
e.     Pemeriksa berdiri di belakang sampel dan lakukan palpasi. Pemeriksaan meletakkan dua jari telunjuk dan dua jari tengahnya pada masing-masing lobus kelenjar gondok. Kemudian lakukan palpasi dengan meraba dengan kedua jari telunjuk dan jari tengah.
f.      Menentukan (mendiagnosis) apakah orang/sampel menderita gondok atau tidak.
 Apabila salah satu atau kedua lobus kelenjar lebih kecil dari ruas terakhir ibu jari orang yang diperiksa, berarti orang tersebut normal. Apabila salah satu atau kedua lobus ternyata lebih besar dari ruas terakhir ibu jar orang yang diperiksa maka orang tersebut menderita gondok.
Dalam melakukan palpasi gondok, pemeriksa harus memperhatkan kondisi sebagai berikut :
a.       Cahaya hendaknya cukup menerangi bagian leher orang yang diperiksa
b.       Pada saat mengamati kelenjar gondok, posisi mata pemeriksa harus sejajar (horisontal) dengan leher orang yang diperiksa
c.        Palpasi (perabaan) jangan dilakukan dengan tekanan terlalu keras atau terlalu lemah. Tekanan yang terlalu keras akan mengakibatkan kelenjar masuk atau pindah ke bagian belakang leher, sehingga pembesaran tidak teraba.

 F.       Daerah Endemik Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
Istilah gondok endemik/endemik gondok digunakan jika suatu daerah/wilayah ditemukan banyak penduduk dengan mengalami pembesaran
kelenjar gondok. Bila > 10 % penduduk di suatu daerah menderita pembesaran
kelenjar gondok, maka daerah tersebut merupakan daerah endemik gondok.
1.       Daerah endemik gondok adalah suatu daerah / wilayah yang berdasarkan data Nasional dikategorikan sebagai gondok endemik berat.
2.       Daerah non endemik gondok adalah suatu daerah / wilayah yang berdasarkan data Nasional tidak dikategorikan sebagai gondok endemik berat. Klasifikasi daerah endemik gondok adalah sebagai berikut:
a.       Endemik Gondok Ringan : 10 - 19 % penduduknya mengalami pembesaran kelenjar gondok
b.       Endemik Gondok Sedang : 20 - 29 % penduduknya mengalami pembesaran kelenjar gondok
c.        Endemik Gondok Berat : > 30 % penduduknya mengalami pembesaran kelenjar gondok
Daerah yang banyak dijumpai penderita gondok adalah daerah-daerah yang terpencil, di gunung dan jauh dari laut. Secara geografis di derita oleh  penduduk yang mendiami 3 macam daerah, antara lain:
1)       Daerah pegunungan
2)       Daerah yang belum lama berselang ditutupi es
3)       Daerah dimana air minum penduduk bersumber dari batu kapur (Joko Moelyanto, 1990).

G.     Gejala Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
Gejala yang sering tampak sesuai dengan dampak yang ditimbulkan , seperti :
1.       Reterdasi mental
2.       Gangguan pendengaran
3.       Gangguan bicara
4.       Hipertiroid (Pembesaran Kelenjar Tiroid/Gondok)
5.       Kretinisme biasanya pada anak-anak

H.     Dampak yang ditimbulkan Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
GAKY tidak hanya menyebabkan pembesaran kelenjar gondok tetapi juga berbagai macam gangguan lain. Kekurangan yodium pada ibu yang sedang hamil dapat menyebabkan abortus, lahir mati, kelainan bawaan pada bayi, meningkatkan angka kematian prenatal, melahirkan bayi keratin. Kekurangan yodium yang diderita anak-anak menyebabkan pembesaran kelenjar gondok, gangguan fungsi mental, dan perkembangan fisik.
Pada orang dewasa berakibat pada pembesaran kelenjar gondok, hipotiroid, dan gangguan mental. Kekurangan yodium pada tingkat berat dapat mengakibatkan cacat fisk dan mental, seperti tuli, bisu tuli, pertumbuhan badan terganggu, badan lemah, kecerdasan dan perkembangan mental terganggu. Akibat yang sangat merugikan adalah lahirnya anak kretin. Kretin adalah keadaan seseorang yang lahir di daerah endemic dan memiliki dua atau lebih kelainan-kelainan berikut :
a.       Perkembangan mental terhambat.
b.       Pendengaran terganggu dan dapat menjadi tuli.
c.        Perkembangan saraf penggerak terhambat, bila berjalan langkahnya khas, mata juling, gangguan bicara sampai bisu dan reflek fisiologi yang meninggi.
GAKY Merupakan salah satu masalah kesmas yg serius, karena dampaknya mempengaruhi kelangsungan hidup dan kualitas SDM, yang meliputi 3 aspek :
1         aspek perkembangan kecerdasan.
2         aspek perkembangan sosial.
3         aspek perkembangan ekonomi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGDe-1aLC2JPOOHpGwx3cuOn2eAn6TELMjinmqLTPPz5Z6aMNppwlgXzxSUHf4ZpspOzp3dQ3ErfFCyuAAYkp4nX4Xj0RWQ4921MMKm09p778Z3ltyT1WGGL5uMeR9KdfSnAUFG39KlVc/s320/a.JPG

Pembesaran kelenjar gondok Struma simplex ini adalah suatu pembesaran kelenjar tirois yang timbul sebagai akibat rendahnya konsumsi yodium. Semakin berat tingkat kekurangan yodiumnya, semakin besar ukuran kelenjarnya serta semakin berat komplikasi yang ditimbulkannya.
Kekurangan yodium padaibu hamil akan menyebabkan kretin pada bayi yang akan dilahirkannya. Slain itu juga akan disertai dengan kerusakan susunan syaraf pusat dan hipotirodisme. Secara klinis kerusakan susunan syaraf pusat akan berupa retardasi, gangguan pendengaran sampai bisu tuli, gangguan neuromotor seperti gangguan bicara, dll.
Masalah besar lain yang diakibatkan oleh GAKY adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan intelektualitas. Pada ibu hamil dengan GAKY berat akan melahirkan anak cebol dengan intelektualitas yang rendah.
Dampak sosial lain yang lebih besar yaitu sulitnya penderita untuk dididik san dimotivasi karena rendahnya perkembangan mentalsehingga apabila berada dalam lingkungan yang buruk akan lebih cepat terpengaruh atau terlibat kriminalitas.
Berikut adalah table dari dampak Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXHtMz3Ri53dozbZRYo-CbwO1dR03oKI1mSdl-PzKaq9FiteosH0fhVB46j9CV63p_c5bizvyvWN8gRlZE7DJbhOu8YfDLgdcMYv40fpbZe4f5v9l_gnnH3b6wEeSVgerUYLWkooVvEHw/s320/2.JPG

I.        Program Penanggulangan Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY)
Ü  Tujuan utama program penanggulangan GAKY :
1.           Menurunkan angka gondok total/TGR.
2.           Mencegah munculnya kasus kretin pd bayi baru lahir di daerah endemik sedang dan berat.
Dengan cara :
a.       Peningkatan konsumsi garam beryodium.
b.       Distribusi kapsul yodium pada kelompok sasaran yg berisiko.
c.        Peningkatan pengadaan garam beryodium.
d.       Pemantauan status yodium di masyarakat.
e.        Pemantapan koordinasi lintas sektor dan penguatan kelembagaan penanggulangan GAKY.
Untuk mencapai tujuan dari program penanggulangan GAKY perlu ditetapkan strategi yang tepat. Strategi dibagi sesuai dengan daerah produksi garam dan konsumsi garamnya. Rincian strategi terbagi dalam 4 kategori, seperti pada tabel berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGa4Ce67C1DTPH_danPPJObfeM017-GhUE_OOc_o-UrppPZscwoa084tY2YXTAACb9nJTBL9uC4ZVfw1WPhL_Cq6xxiCY5JVfVo0Y7xExtCeU7NijDYNj1YByAjmfD9lJn-mEhzzXQcKM/s320/3.JPG

Ü  Program Penanggulangan Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) berdasarkan waktu
ü  Jangka pendek:
Program distribusi kapsul yodium (200 mg/kapsul) bagi masyarakat di daerah endemik sedang dan berat. (dulu diberikan dlm bentuk suntikan).
ü  Jangka Panjang:
a.           Yodisasi garam utk seluruh masyarakat (Universal Salt Iodization).
b.           Peningkatan konsumsi aneka ragam bahan pangan yg bersumber dari laut.
c.            Penurunan konsumsi pangan goitrogenik.
d.           Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE).
e.            Fortifikasi.


J.        Gangguan akibat kekurangan yodium  (GAKY) dan Indonesia
Di  Indonesia, upaya penanggulangan GAKY difokuskan pada peningkatan konsumsi garam beryodium. Maka tujuan penanggulangan GAKY ini adalah Pencapaian dan pelestarian Universal Salt Iodization (Garam beryodium untuk semua) pada tahun 2010. Dengan tujuan khusus:
1.       Peningkatan proporsi rumah tangga yang mengkonsumsi garam beryodium cukup (≥30ppm).
2.       Pelestarian konsumsi garam beryodium cukup pada semua rumah tangga di seluruh kabupaten/kota.
Target yang harus dicapai dalam program penanggulangan GAKY ini yaitu:
1.       90% rumah tangga yang mengkonsumsi garam beryodium cukup (≥30 ppm) secara nasional, propinsi dan kabupaten/kota.
2.       Median EYU secara rata-rata nasional propinsi dan kabupaten/kota adalah 100-299 µg/L.
Dasar Hukum dalam Pelaksanaan Program Penanggulangan GAKY, salah satunya adalah p rogram yodisasi garam. Program yodisasi garam telah dirintis sejak tahun 1977 yang diperkuat dengan adanya:
1.       Keputusan Presiden nomor 69 tahun 1994 tentang pengadaan garam beryodium.
2.       Undang-Undang Perlindungan Konsumen nomor 8 tahun 1999, yang bertujuan menjamin status kesehatan warganegara.
3.       Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 1991  tentang Standar Nasional Indonesia.
4.       Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2008,   tentang perencanaan pembangunan daerah   sesuai dengan situasi otonomi daerah.
5.       Surat Keputusan Menperind nomor 29/M/ SK/2/1995 tentang Pengesahan SNI dan penggunaan tanda SNI wajib pada 10 produk industry.


Bab III
Penutup

A.      Kesimpulan
1.     Iodium merupakan salah satu unsur mineral mikro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh walaupun dalam jumlah yang relative kecil.  Namun apabila diabaikan dapat menimbulkan efek atau dampak yang cukup berpengaruh dalam kehidupan  semua orang.
2.    GAKY merupakan masalah gizi yang sangat serius, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit gangguan seperti Gondok, kreatinisme dan keterlambatan pertumbuhan dan kecerdasan.
3.     Dampak GAKY terhadap permasalahan di lingkungan masyarakat :
-       Pengaruh GAKY terhadap Kelangsungan Hidup.
-       Pengaruh GAKY terhadap Perkembangan Intelegensia.
-       Pengaruh GAKY terhadap Perkembangan Sosial.
-       Pengaruh GAKY terhadap Perkembangan Ekonomi
4.   Garam beryodium adalah garam yang telah diIodisasi sesuai dengan SNI dan mengandung yodium sebanyak 30ppm untuk konsumsi manusia atau ternak dan industri pangan.
5.  Di Indonesia, upaya penanggulangan GAKY difokuskan pada peningkatan konsumsi garam beryodium.



DAFTRA PUSTAKA
Bambang Wirjatmadi, Merryana Adriani. 2012, Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: kencana, cetakan peretama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar